Loading...
bayar zakatzakat online

Zakat dari Bankir

Bagaimana Hukum zakat seorang bankir


Salah satu hikmah dari kewajiban zakat adalah agar kita (muzakki) memiliki kesadaran yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan (penghasilan) yang benar-benar baik dan halal sebagaimana dinyatakan dalam QS. 2: 267. 

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

Hadist Tentang zakat


“Allah SWT tidak akan menerima sedekah (zakat) dari harta yang didapat secara tidak sah”. 

Dalam hadits lain riwayat Imam Bukhari dari Abi Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:  

“Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai sebiji kurma dari hasil usaha yang halal, dan Allah tidak akan menerima kecuali dari yang baik (halal). Dan Allah akan menerima sedekah yang baik dengan tangan kanan –Nya, lalu mengembangkannya buat miliknya, seperti halnya seseorang di antara kamu mengembangkan anak ternaknya , sehingga hartanya itu akan menjadi besar seperti sebuah gunung”. 

Zakat Bank Syariah

zakat bank syariah
Zakat bank syariah

Karena itu, apabila kesadaran zakat telah tumbuh, mudah-mudahan menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menyelaraskan profesi dan keahliannya sesuai dengan syariah, misalnya menjadi bankir syariah yang tidak terlibat pada kegiatan meribakan uang, atau menjadi artis yang mengembangkan kesenian dan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran agama Islam, dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak sesuai dengan ketentuan-Nya, seperti dalam cara berpakaian.


Tinggalkan Balasan

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini: