fbpx

Doa Mensyukuri Nikmat

Syukur adalah akhlaq yang mulia, yang muncul karena kecintaan dan keridho’an yang besar terhadap Sang Pemberi Nikmat. Syukur tidak akan mungkin bisa terwujud jika tidak diawali dengan keridho’an.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah rahimahullah, “Syukur (yang sebenarnya) adalah dengan hati, lisan dan anggota badan. (Minhajul Qosidin, hal. 305)
Bersyukur dengan hati adalah mengakui dan meyakini bahwa segala nikmat yang kita peroleh semata-mata datangnya hanya dari Allah Ta’ala dan bukan dari selain-Nya.
Bersyukur dengan lisan adalah memuji dan menyanjung Dzat yang telah memberikan nikmat tersebut pada kita, seperti mengucapkan Alhamdulillah.
Sementara bersyukur dengan anggota badan adalah menggunakan nikmat yang Allah beri kepada kita tidak lain hanya untuk mentaati Dzat yang kita syukuri (yaitu Allah Ta’ala) dan senantiasa menahan diri agar jangan menggunakan kenikmatan itu malah untuk bermaksiat kepada-Nya. Salah

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami