fbpx

Menengok Masjid Badshahi, Peninggalan Kerajaan Mughal di Pakistan

GEROMBOLAN burung gagak menyambut kedatangan kami di pintu masuk Masjid Badshahi atau Masjid Kaisar di Lahore, Pakistan, awal Maret 2018. Di pelatarannya, di taman depan masjid, tampak bunga-bunga mulai bermekaran.

Masjid Badshahi merupakan peninggalan Kerajaan Mughal yang pernah berkuasa di Pakistan. Masjid tersebut berdiri pada tahun 1673 M. Masjid yang dibangun oleh raja keenam, Raja Aurangzeb, itu mempunyai keunikan tersendiri.

Menurut seorang penjaga Masjid Badshahi, Muhammad Syahid, masjid tersebut mempunyai kekuatan dan keseimbangan yang bagus.

Syahid menunjukkan sebuah lorong. Sekitar 300 meter dari pintu masuk, terdapat sebuah lorong yang berfungsi sebagai pondasi utama.

Selain itu, Syahid menunjukkan sebuah sudut masjid yang mampu mengirimkan suara ke setiap penjuru masjid.

“Dulu ketika adzan dan belum ada informasi dan lain-lain, itu adzan lewat tembok kita bisa mendengar di sepanjang torf (sudut),” ungkap kakek yang berusia sekitar 70-an tahun itu sambil mempraktikkan.

Hal tersebut, katanya, biasa dilakukan oleh umat Islam saat mengumandangkan adzan pada masa Kerajaan Mughal.

Selain itu, di gerbang bagian kanan saat masuk masjid, terdapat museum al-Qur’an yang terbuat dari emas.

Di sebelahnya, terdapat pula museum berupa rambut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan beberapa peninggalan berupa peralatan perang Kerajaan Mughal. Di antara keduanya hanya terpisah oleh tempat wudhu.

Di depan Masjid Kaisar, terdapat sebuah bangunan benteng Kerajaan Mughal yang bernama Lahore Fort. Benteng tersebut dibangun pada masa Pemerintah Raja Akbar, tahun 1556 – 1605 M.

Masjid tersebut mampu menampung sebanyak 100.000 lebih jamaah. Setiap harinya, sekitar 1.000 pengunjung datang menyaksikan sisa peninggalan kerajaan Islam tersebut.

sumber : www.hidayatullah.com

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami