fbpx

Rakyat Palestina di Jalur Gaza Bersiap Kembali Protes Massal, Teknik Cermin dan Ban Digunakan

Demonstran Palestina di Jalur Gaza melanjutkan persiapan mereka untuk kembali protes massal pada Jumat, 6 April 2018 mendatang. Protes massal tersebut sebagai bagian dari pawai terbuka enam-pekan yang dikenal dengan nama ‘Pawai Akbar Kepulangan’.

Seperti dilaporkan Xinhua, dilansir Kantor Berita Antara, protes tersebut dilancarkan di bagian timur daerah kantung pantai, di dekat perbatasan dengan Israel.

Puluhan pemuda Gaza terlihat sedang mengumpulkan mobil bekas dan ban kendaraan. Mereka kemudian membawa semua itu ke lapangan di dekat pagar perbatasan dengan Israel.

Mereka mengatakan mereka ingin membakar ban tersebut dan menciptakan tameng asap hitam antara demonstran dan tentara Israel guna menghindari korban jiwa selama bentrokan.

Cermin juga dikumpulkan untuk memantulkan sinar Matahari ke muka penembak gelap dan tentara Israel.

Sementara itu, Pemerintah Konsensus Palestina mengutuk keputusan militer Israel untuk mempertahankan instruksi bagi tentara Israel agar menembak demonstran.

Pada Jumat pekan lalu, tentara perbatasan Israel menembak hingga tewas 15 orang Palestina dan melukai sebanyak 1.500 orang lagi selama sehari bentrokan sengit.

“Pembunuhan massal yang dilakukan oleh pasukan Israel pada Jumat lalu sudah direncanakan, sejalan dengan rencana dan perintah yang diatur lebih dulu,” kata satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Konsensus Palestina setelah pertemuan mingguan yang diselenggarakan di Kota Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan.

“Ada sejumlah ancaman Israel untuk mengirim penembak gelap dan menggelar pasukan artileri serta ribuan prajurit yang akan melepaskan tembakan ke arah warga sipil yang tak bersenjata di bagian timur Jalur Gaza,” tambah pernyataan tersebut.

Pemerintah Palestina menyerukan penyelidikan internasional mengenai tindakan Israel yang mengakibatkan pertumpahan darah dan hilangnya nyawa warga sipil yang tak berdosa.

Pada Selasa pagi, dua orang Palestina cedera akibat tembakan pasukan Israel. Kejadian tersebut selama bentrokan di Kota Kecil Sebastia di dekat bagian utara Kota Nabul di Tepi Barat, kata beberapa sumber medis.

 

sumber : (pikiran-rakyat.com)

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami