Loading...
Dunia Islamibadahinspirasi madani

Bolehkah Niat Puasa Ramadhan hanya Sekali untuk Sebulan Penuh?

TANYA: Apakah wajib berniat shaum di bulan Ramadhan setiap harinya ataukah cukup satu kali niat saja untuk sebulan penuh?

JAWAB: Seorang muslim wajib berniat shaum di bulan ramadhan setiap harinya. Sebab, Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Sesungguhnya amal ibadah itu bergantung pada niatnya.” (HR Muslim).

Hadits di atas adalah dalil tentang keharusan niat dalam setiap amalan-amalan. Sehingga sangatlah jelas bagi seorang muslim untuk berniat shaum di setiap harinya.

Adapun niat di sini bukan hanya artinya seseorang itu mengatakan, “Nawaitu untuk berpuasa pada hari ini dan itu di bulan Ramadhan.” Akan tetapi niat itu juga berarti seseorang yang mempunyai maksud atau tujuan untuk bangun melaksanakan sahur dianggap sudah berniat, demikian juga penjagaan seseorang dari makanan dan minuman juga berarti sudah berniat.

Kewajiban seorang muslim untuk melakukan niat shaum setiap hari bulan ramadhan juga didasarkan pada larangan Rasulullah berikut ini:

Sesungguhnya Rasulullah saw. pernah bersabda, “Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari maka tidak ada puasa baginya.” (HR an-Nasa’i dan ad-Darimi).

Oleh karena itu, jika dikhawatirkan seseorang lupa untuk melakukan niat, maka melakukan niatnya dimulai dari malam hari setelah shalat isya atau shalat tarawih.

Niat juga boleh dilakukan pada bagian malam manapun sejak terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar karena seluruhnya termasuk bagian dari malam hari. Waallahu’alam.

sumber : (islampos.com)

Tinggalkan Balasan

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini: