Kesenangan Sesaat


Sahabat, dalam Al-Qur’an Allah mengatakan bahwa kehidupan dunia ini hanyalah permainan semata.

“Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.” — (Q.S. Al-Hadid: 20)

Ya, apa-apa yang kita upayakan di dunia ini pada akhirnya akan hilang dan lenyap. Layaknya setetes air yang tak mampu menghilangkan rasa dahaga, kesenangan yang kita rasakan di dunia ini pun hanyalah sesaat. Tetapi anehnya, orang-orang tetap bersikeras memperjuangkan setetes kenikmatan secara mati-matian padahal semua hal duniawi yang sudah diperjuangkan tidak akan dibawa mati.

Dalam ayat ke 20 Surat Al-Hadid tersebut juga dijelaskan bahwa alur kehidupan dunia layaknya kondisi bumi yang terkena hujan lebat lalu menumbuhkan tanaman-tanaman yang mengagumkan, menyebabkan para petani riang dan gembira. Hingga pada akhirnya berubah menjadi kering, layu, juga hancur berguguran.

Dalam ayat tersebut Allah juga menerangkan bahwa kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan yang palsu. Kesenangan yang penuh dengan tipu daya hingga membuat manusia mengira bahwa hidupnya memiliki waktu yang panjang dan lupa bahwa akan ada kehidupan selanjutnya kelak.

Sahabat, semoga kita mampu menjadi manusia yang tidak terperdaya dalam kesenangan palsu yang membuat kita lupa pada ketaatan.

Aamiin Allahumma Aamiin.

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
WA Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami