Berbagi dengan Menyantuni Anak Yatim

Anak yatim merupakan salah satu golongan yang sering disebutkan dalam alquran dan hadits. Dalam banyak dalil disebutkan bahwa anak yatim perlu dimuliakan sepenuh hati. Selain anjuran, keutamaan menyantuni anak yatim pun banyak disebutkan.

Salah satu ayat dalam alquran, yaitu QS Al-Baqarah ayat 220, menyebutkan bahwa siapa yang mampu memperbaiki nasib seorang anak yatim maka seseorang tersebut telah berbuat hal yang baik.

Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah ‘Memperbaiki keadaan mereka adalah baik‘.” (QS. Al-Baqarah: 220)

Adapun keutamaan lain adalah sebagai berikut,

  1. Mendapat keshalihan di hadapan Allah (QS. Al Insan: 5-6)
  2. Melembutkan hati
  3. Terhindar dari siksa hari kiamat
  4. Mendapat pahala dan surga

Sahabat, menyantuni anak yatim merupakan salah satu kesempatan kita untuk berbagi sekaligus beribadah. Seperti yang Allah SWT jelaskan dalam firman-Nya bahwa menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang mulia. Selain itu, Rasulullah SAW menganjurkan juga untuk menyantuni anak yatim kepada siapa saja yang melihat anak yatim di sekitarnya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:
“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas)

Jadi, Sahabat jangan tunda lagi untuk berbagi dengan menyantuni anak yatim, ya šŸ˜Š
___

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
WA Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

#anakyatim #yatim #menyantunianakyatim #santunananakyatim #memuliakananakyatim #berbagi #sedekah #berbagionline #sedekahonline #infaq #infaqonline #zakat #zakatonline #amalmadaniindonesia

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami