fbpx

Berpacu Dengan Waktu

Waktu tidak hanya setara dengan uang, namun lebih dari itu. Waktu merupakan aset tak kasat mata yang paling sulit untuk dikendalikan penggunaannya.

Untuk itulah diperlukan beberapa panduan yang bisa membuat kita sebagai muslim memanfaatkan waktu dengan lebih efisien lagi.

Bila waktu tidak digunakan dengan baik maka akan terbuang untuk perkara yang sia-sia.

Jika seseorang tidak mengisi waktunya dengan kebaikan, ia akan menghabiskan waktunya untuk kejelekan.

Orang yang tidak mengambil manfaat dari waktu mereka, menyia-nyiakannya untuk perkara yang merugikan, maka waktunya itu akan menjadi padang rumput bagi setan setan untuk menyesatkan mereka.

Ada beberapa tips memanfaatkan waktu  yang bisa dilakukan agar mereka terhindar dari hal hal yang sia sia.

1. Memanfaatkan waktu senggang Dengan Membaca bacaan yang bermanfaat

Sahabat, hendaklah kita berupaya memperbanyak membaca Al-Qur’anul Karim dan menghafal serta mendengarkannya.

Rasulullah bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an sedang dia terbata-bata dalam membacanya serta kesulitan dalam membacanya maka dia mendapatkan dua pahala, sedangkan orang yang membaca dengan mahir maka dia bersama para penulis kitab (malaikat) yang mulia lagi berbakti.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Memanfaatkan waktu dengan baik yaitu Senantiasa Berdzikir kepada Allah

Berzikir adalah kegiatan atau amalan yang mudah, setiap orang bisa melakukannya, kapanpun dan dimanapun ia berada. Siapapun dia dan apapun profesinya.

Hendaknya berdzikir kepada Allah dalam setiap keadaan, dan jadikanlah berdzikir sebagai amalan yang mengisi hari-harimu, lebih-lebih lagi hal itu merupakan amalan yang amat mudah engkau lakukan.

3. Mendidik anak-anak

Muslim yang baik akan menganggap bahwa mendidik anak-anak merupakan tanggung jawab yang agung, tugas itu merupakan tanggung jawab yang besar bagi mereka. Karena laki-laki lebih banyak kesibukannya daripada wanita dan lebih sedikit tinggal di rumah. Adapun seorang ibu lebih dekat kepada anak-anaknya dan lebih banyak di rumah.

4. Tinggalkan hal hal yang kurang bermanfaat.

Jika Anda ingin merasakan waktu luang Anda benar-benar berguna, maka anda harus memasukan hal-hal berguna tidak luput dari semangat didalamnya. Alasan untuk ini adalah bahwa waktu luang Anda diperlukan untuk menyegarkan Anda dan meningkatkan energi Anda, kreativitas Anda, dan rasa percaya diri Anda.

Jika membiarkan kegiatan duniawi biasa di kehidupan sehari-hari menyusup ke waktu luang Anda dengan dalih semoga menjadi “berguna”, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari waktu luang Anda dan Anda akan memiliki batasan yang sangat longgar antara waktu bebas dan sisa waktu Anda, sehingga bisa mendevaluasi waktu luang Anda

5. Memerintahkan kepada yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar

Dari Abu Said Al-Khudri RA dia berkata:

“Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

‘Barang-siapa di antara kalian melihat kemungkaran hendaklah dia mengubah dengan tangannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan lisan (nasihat). Dan jika tidak mampu maka hendaklah meng-ubahnya dengan hati (tidak senang dengan kemungkaran itu) dan itulah selemah-lemah iman’.” (HR. Muslim).

Demikianlah cara memanfaatkan waktu dengan baik dengan hal hal yang positif dan berguna.

Yuk sama-sama pergunakan waktu dan moment kita dengan lebih baik lagi.

#amalmadaniindonesia #madaniquotes #inspirasimadani #islamicquotes #QOTD #islam #waktu #kebaikan

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami