fbpx

Perbaiki Shalatmu Agar Allah Perbaiki Hidupmu

“Ketika engkau tidak mengetahui harus memulai dari mana untuk memperbaiki diri, maka mulailah untuk memperbaiki shalatmu”
Sobat, di dalam diri kita mungkin masih banyak sekali kekurangan yang harus di sempurnakan. Setiap manusia pasti tidak akan luput dari yang namanya dosa, hingga seakan dosa sudah melekat pada diri manusia. Banyak kesalahan yang kita lakukan entah sengaja maupun tidak sengaja. Hingga akhirnya kita akan sampai pada titik dimana kita akan bertanya “Apa selamanya aku akan menjadi begini? Tanpa perubahan? Dari pertanyaan itulah akhirnya seseorang ingin memperbaiki diri menjadi yang lebih baik. Sekarang muncul kembali pertanyaan “Terus harus mulai dari mana?”.

perbaiki diri melalui shalat

Tidak perlu khawatir sobat, ketika kita ingin sekali memperbaiki diri untuk menjadi yang lebih baik, maka mulailah dari memperbaiki sholat kita. Sholat merupakan ibadah yang paling utama dalam islam, bahkan dalam sebuah riwayat sholat merupakan tiang agama. Sehingga jika sholat kita masih belum terjaga, masih bolong-bolong, maka tiang tersebut pasti juga akan ikut bolong-bolong. Dan apa yang akan terjadi? Tiang yang telah dibangun pun lama kelamaan akan roboh kawan. Sama dengan agama, jika kita tidak mengerjakan sholat, maka sama saja seperti kita merobohkan agama.

 

Nah kawan, dari cerita tersebut, masihkah kita berani meninggalkan sholat?
Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Yang pertama kali harus dilakukan adalah menjaga wudhu. Wudhu dapat menggugurkan dosa lho kawan, karena ketika kita membasuh kedua tangan kita, kita telah menghapus dosa yang telah dilakukan oleh kedua tangan kita. Ketika membasuh kaki kita telah menghapus dosa yang dilakukan oleh kedua kaki kita. Begitu seterusnya.

 

Langkah kedua, ketika mendengar adzan, segerakanlah untuk menunaikan sholat. Karena jika kita menunda-nunda sholat, ada kemungkinan 50% bahwa kita akan meninggalkan sholat kawan. Segera buang rasa malas tersebut dan segeralah mengambil wudhu. Biasakan diri kita untuk selalu sholat tepat pada waktunya.

 

Langkah ke tiga yaitu mencoba untuk sholat dengan khusyuk. Ketika sedang sholat, maka bayangkanlah seolah-olah yang kita hadapi adalah Allah. Allah ada di depan kita saat sedang sholat, sehingga kita harus sungguh-sungguh dan khusyuk saat berhadapan dengan Allah.

 

Nah yang terakhir adalah selalu istiqomah, mungkin mudah sekali mengatakan hal yang satu ini, tapi ketika menjalaninya sungguh tidak semudah mengucapkannya. Maka ketika rasa malas datang mengganggu, ingatlah bahwa dosa meninggalkan sholat lebih besar daripada dosa orang yang seribu kali berzina. Jadikanlah hal ini sebagai motivasi pada diri agar senantiasa menjaga keistiqomahan.

created by : Atina Sabila

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami