fbpx
Loading...
ibadahinspirasi madaniRamadhan

📣 [Malam Ini Malam 21 Ramadhan]📣 Yuk Cari Lailatul Qadr!

Semua orang pasti tahu malam lailatul qadr. Malam yang lebih baik daripada 1000 bulan.Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Rasulullah bersabda, “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.”
(HR. Bukhari)

di riwayat lain “Carilah lailatul qadar di malam ganjil pada sepuluh malam terakhir dari bulan ramadhan”.

Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari bahwa lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun.

Tidak ada seorang pun yang mengetahui dengan pasti kapan lailatul qadr itu..

Rasulullah hanya memberikan petunjuk dan ciri cirinya,
“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi harinya matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.”
(HR. Ath Thoyalisi dengan sanad yang baik menurut Haitsami).

Mungkin kita pernah bepikir juga, “Mengapa Allah tidak menetapkan Lailatul Qadar pada tanggal yang pasti agar kita bisa beribadah dengan maksimal di malam tersebut?”.

Alasan logis (juga) untuk pertanyaan itu adalah agar terbedakan antara orang yang sungguh-sungguh untuk mencari malam tersebut dengan orang yang malas. Seperti halnya alasan Allah merahasiakan ajal, Allah pun merahasiakan Lailatul Qadar agar Allah mengetahui, siapa-siapa hambanya yang bersungguh-sungguh mencari dan beramal di setiap sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, dan siapa yang tidak bersungguh sungguh.

Intinya, dengan begitu Allah akan mengetahui siapa ‘pemburu’ Lailatul Qadar yang sejati, dan siapa ‘pemburu’ Lailatul Qadar abal-abal.

Nah, menjadi ‘pemburu’ Lailatul Qadar saja tidak cukup. Jangan sampai kita terjaga di malam malam ganjil tersebut namun tidak menghidupkan dan memenuhinya dengan amalan amalan, apalagi hanya berdiam diri.

Kita bisa mengisi lailatul qadr itu dengan beberapa amalan berikut :
1. Meluruskan niat
2. Menyempurnakan shalat 5 waktu.
3. Memperbanyak interaksi dengan Al-qur’an
4. Bertaubat
5. Perbanyak doa
6. Shalat malam
7. sedekah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami