Wakaf Al Qur’an: Pahala dari Setiap Huruf yang Dibaca

“Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushaf Al Quran yang diwariskannya…” (HR. Ibnu Majah & Baihaqi)

Sahabat, diantara kita pastinya menginginkan pahala yang terus mengalir tanpa henti. Jika memungkinkan, pahala tersebut terus mengalir hingga di akhirat nanti. Tahukah bahwa wakaf alquran adalah jawabannya?

Wakaf memiliki pengertian sebagai pemberian harta kepada penerima manfaat. Wakaf alquran termasuk amal jariyah karena pahalanya terus mengalir bagi orang-orang yang mengamalkannya. Karena ketika seseorang berwakaf alquran, pahala akan mengalir selama penerima waqaf membaca alquran tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih”. (HR. Muslim no. 1631)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah: (1) Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. (2) Anak soleh yang ia tinggalkan. (3) Mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan. (4) Masjid yang ia bangun. (5) Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun (6) Sungai yang ia alirkan. (7) Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” (HR. Ibnu Majah no. 242)

Dua hadits tersebut mengatakan bahwa amal jariyah bisa mengalirkan pahala tanpa putus walaupun sudah sampai liang lahat.

Sahabat, tentunya waqaf alquran dari sahabat sangat berarti dan membantu untuk para penerima manfaat. Selama terus dibaca, maka akan menjadi sumber pahala dan ladang memupuk amalan untuk bekal di akhirat kelak.

__

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
WA Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

#waqaf #quran #amalanjariyah #amalmadaniindonesia

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami