Loading...
Qurban

#10 Tips Memilih Hewan Qurban

memilih dan membeli hewan qurban
Tips Memilih Hewan Qurban
#10 Tips Memilih Hewan Qurban. Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan melaksanan perayaan hari raya idul adha. Dimana kita di perintahkan untuk berqurban bagi yang mampu. berikut adalah 10 tips bagi sahabat yang mau melaksanakan ibadah idul qurban.

1. Pastikan Dulu Umur Hewan Qurbannya 
Untuk kambing atau domba pilihlah yang berumurnya 12 sampai 18 bulan. Sedangkan untuk sapi, pilihlah yang berumur 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui umur hewan qurban adalah dengan mengamati gigi-gigi ternak tersebut. Jika gigi susu (gigi bagian depan) hewan ternak sudah tanggal, itu menandakan hewan quban berumur sekitar 12 s/d 18 bulan. Sedangkan gigi susu Sapi baru tanggal pada umur sekitar 22 bulan.

2. Perhatikan aktivitas dan pergerakan hewan qurban. Anda bisa mendekati hewan qurban yang Anda beli, jika hewan tersebut lincah dan tidak pincang, hewan tersebut dipastikan aktif dan tidak sedang sakit.

3. Pilihlah hewan qurban yang bulunya halus, mengkilap, tidak rontok dan tidak berkutu atau berjamur.

4. Coba perhatikan mata hewan qurban. Cari hewan qurban yang bermata jernih, terbuka penuh, tidak keluar air, pupil beraksi cepat dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah penuh. Jangan pilih hewan yang bermata keruh dan belekan, karena hal tersebut adalah indikasi hewan yang sedang sakit.

5. Pilihlah hewan qurban yang memiliki punggung rata, tanduk seimbang, keempat kakinya simetris dan berpostur ideal. Memiliki perpaduan perut, kaki depan belakang, leher serta kepala yang seimbang.


6. Perhatikan hewan qurbannya, jika mulut hewan basah sekali dan banyak air liur yang keluar atau banyak ditemukan bintil-bintil merah.

7. Pilihlah hewan qurban dengan hidung yang basah dan tidak mengeluarkan cairan serta mempunyai selaput lendir yang berwarna terang.

8. Pilih celah kuku hewan qurban yang bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan dan tidak ada pembengkakan.

9. Perhatikan bagian dubur atau anus. Pastikan bagian dubur kering dan tidak menunjukan tanda-tanda diare.


10. Pastikan hewan qurban anda tidak mempunyai penyakit kulit seperti korengan dan jamuran.


Demikanlah 10 tips dalam memilih hewan qurban saat sahabat hendak membelinya. bila artikel ini bermanfaat, silahkan share untuk sahabat-sahabat lain yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp Kami
%d blogger menyukai ini: