Selalu Kekeringan di Musim Kemarau, Perketat Aturan Penggunaan Sumber Air!

Persoalan kebutuhan air konsumsi di musim kemarau akan cukup banyak. Salah satu solusinya, dengan memanfaatkan sumur resapan untuk sumber air konsumsi rumah tangga.

Kepala Bidang Air Tanah Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi Wahyudin mengungkapkan persoalan kebutuhan air ini akan jadi bahasan serius di masyarakat. Namun, solusi terkait sumur resapan pun tidak lantas menyelesaikan masalah kebutuhan air.

“Persoalan utamanya, terutama berkaitan dengan distribusi air tanah yang tidak merata sehingga tidak terpenuhi kebutuhannya,” ujarnya di Jalan Diponegoro, Senin, 13 Agustus 2018.

Ditambah lagi, sumber air tanah yang berbeda-beda. Wahyudin mengatakan tidak semua lokasi bisa diambil air tanahnya.

Persoalan di perkotaan, kata Wahyudin, lebih rumit lagi. Banyaknya bangunan tinggi juga menyerap air tanah yang mengurangi jatah untuk masyarakat sekitarnya.

“Seharusnya ada aturan yang dapat mengendalikan sumber air,” ucap Wahyudin.

Air permukaan

Alternatif lainnya, adalah dengan memperbesar potensi air permukaan seperti waduk dan bendungan. Wahyudin mengatakan potensi air permukaan ini luar biasa. Namun, ada masalah lain juga yang mengikutinya.

“Kita masih harus membenahi infrastrukturnya, untuk dapat dimanfaatkan masyarakat. Hal itu agar tidak ada lagi cerita kekurangan air,” kata Wahyudin.

Wahyudin memaparkan perbaikan infrastruktur seharusnya menjadi fokus utama untuk menjaga ketersediaan air di masyarakat. Ia juga menegaskan perlu adanya konservasi air tanah untuk menjaga ketersediaan pasokan air.

Alternatif terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak sumur resapan. Wahyudin mengatakan masyarakat dapat mengisi sumur resapan saat musim penghujan lalu memanfaatkannya di saat musim kemarau.

Akan tetapi, Wahyudin menyebutkan kesadaran masyarakat memiliki sumur resapan ini masih rendah. Padahal dengan adanya sumur resapan bisa membantu karena akan merata di seluruh wilayah.

“Kita tidak bisa terus-menerus mengandalkan ketersediaan air tanah. Harus dimanfaatkan potensi lain terutama saat musim kemarau. Salah satunya, dengan memanfaatkan sumur resapan untuk kebutuhan rumah tangga,” kata Wahyudin.***

 

Sumber : Pikiran Rakyat

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami