Kita Harus Minum 8 Gelas Perhari? Benarkah?

70 persen bagian tubuh manusia terdiri dari air, jadi sudah semestinya tubuh membutuhkan cairan yang cukup tiap harinya. Ini juga tidak lepas dari manfaat minum 8 gelas sehari yang sering disebut-sebut.

Pada dasarnya orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari, atau setara 250 mililiter tiap gelasnya. Jadi, tidak hanya sekedar delapan gelas perhari saja. Ada juga pendapat ahli yang berbeda dengan takaran konsumsi air perhari. Kata ahli, kebutuhan cairan tubuh tiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Contoh, aktivitas fisik, kondisi lingkungan (panas/dingin), kondisi fisik (sehat/tidak/wanita hamil), dan hal lainnya.

Orang yang memiliki aktivitas yang menguras cairan tubuh atau tinggal di daerah panas, pastinya membutuhkan cairan yang lebih banyak. Alasannya, karena cairan yang keluar memang relatif lebih banyak (melalui keringat atau urin). Nah, konsumsi hariannya bahkan bisa melebihi 8 gelas (250/gelas) perhari.

Faktanya, orang yang tinggal di daerah dingin seperti negara-negara di Eropa, enggak dianjurkan untuk minum sebanyak dua liter perhari. Setidaknya, kebutuhan cairan mereka akan tercukupi hanya dengan 1,5 liter konsumsi air putih perhari.

Yuk simak tips bagaimana cara minum 8 gelas per hari di saat ramadhan, agar tubuh kita tidak kekurangan cairan.

AMAL MADANI INDONESIA
Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat

Komp. Padasuka Indah B11, Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat

Telp. 022 – 2066182
Wa center. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

#tips #info #tipsinfo #kesehatan #airputih

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami