Kiat-kiat Membuat Resolusi Tahun Baru Anti Gagal

Tahun baru menjadi momentum yang tepat untuk membuat resolusi baru. Namun, terkadang resolusi tersebut hanya menjadi angan-angan dan list keinginan semata. Resolusi akhir tahun gagal dicapai karena tidak adanya rencana, keinginan yang terlalu kabur dan samar, serta tidak relevan dan semata-mata hanya mengikuti tren yang ada di masyarakat. Pada jurnal Management Review di tahun 1981, muncul akronim SMART: specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound. Akronim tersebut kerap kali digunakan bidang manajemen, namun bisa dipakai untuk perencanaan resolusi agar mendapat tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

  1. Specific

Resolusi yang dibuat harus benar-benar jelas dan spesifik disertai dengan target. Target tersebut dapat diukur, agar merancang langkah untuk mencapai target tersebut pun akan lebih mudah. Misalkan, resolusi untuk menurunkan berat badan 5 kg

2. Measurable

Seperti yang disebutkan di atas, sebuah resolusi pun harus dapat diukur. Dengan target yang spesifik untuk menurunkan berat badan 5 kg, kita bisa merancang langkah-langkah konkret dan terukur. Misalnya, dengan cara berolahraga 30 menit/hari dan memakan makanan sehat rendah kalori setiap hari Senin – Jum’at dalam kurun waktu 6 bulan.

3. Achievable

Resolusi yang dibuat harus realistis. Dibandingkan dengan mengumpulkan uang pensiun di umur 25 tahun, menabung Rp20.000 per hari akan jauh lebih masuk akal. Usahakan resolusi tersebut memungkinkan dicapai dalam kurun satu tahun ini. Pencapaian yang tidak realistis dan terlalu muluk-muluk malah akan membebani pikiran dan membuat frustasi.

 

4. Relevant

Pikirkan kembali resolusi tersebut apakah relevan dengan kehidupan kita. Suatu resolusi akan bertahan lama apabila telah dipikirkan secara matang. Apakah resolusi ini baik untuk saya? Apalah resolusi ini cocok untuk posisi saya saat ini? Apakah resolusi ini membawa kebaikan dan saya mampu melakukannya? Jika sudah begitu, kesempatan untuk meraihnya akan semakin besar karena alasannya pun semakin kuat.

5. Time-bound

Jangka waktu untuk mencapai suatu tujuan pun haruslah realistis. Memberi waktu yang cukup untuk melakukan setiap step pencapaian. Buatlah resolusi jangka pendek dan jangka panjang.

___
AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
WA Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

#Resolusi #TahunBaru #2022 #Dreams #MencapaiMimpi #AmalMadaniIndonesia

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami