Pahala Memuliakan Guru Ngaji

Selain orang tua kandung, guru pun merupakan orang tua kita di tempat menimba ilmu. Guru, seseroang yang harus kita gugu dan tiru, seseorang yang harus kita hargai dan hormati. Dengannya kita bisa membaca, menulis, dan mendapat banyak ilmu lainnya, tentang matematika, sains, bahkan ilmu agama.

Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pun mengaku seorang guru. Seperti diungkap dalam sabdanya, “Sungguh aku telah diutus oleh Allah sebagai seorang guru.” (HR. Ibnu Majah)

Seorang muslim diharuskan mencintai ilmu, maka diharuskan pula memuliakan seorang guru. Keutamaan menghormati ilmu adalah mendapat pahala syurga dari Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, ‘Berlapang-lapanglah dalam majelis’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah:11)

Menjaga semangat menimba ilmu dan menghormati seorang guru pun merupakan upaya kita  menjaga dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Rasulullah bersabda: “Siapa yang memberikan kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika kamu tidak mampu membalasnya, doakanlah ia hingga kamu yakin telah benar-benar membalasnya.” (H. R. Daud)

Salah satu cara memuliakan guru, salah satunya, adalah mendoakan mereka. Semoga Allah memberi ramat dan ampunan-Nya. Semoga  dilimpahkan kesehatan dan keberkahan atas ilmu-ilmu yang telah disampaikan. Semoga Allah menjadikan ilmu yang kita peroleh bermanfaat bagi sesama dan kian mendekatkan kita kepada-Nya.

__

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
WA Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

#guru #mulia #pengajar #pendidikan #alquran  #amalan #amalmadaniindonesia

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami