Masyarakat Sehat akan Menguntungkan Ekonomi Negara

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) harus terus digalakkan di masyarakat. Sebab masyarakat yang sehat akan memberi keuntungan bagi negara.

“Masyarakat yang sehat akan banyak menguntungkan bagi negara. Karena masyarakat yang sehat tidak menjadi beban bagi negara bahkan produktifitasnya akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI Ahmad Zainuddin saat memberi sosialisasi Germas di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (24/7/2018)

Sementara masyarakat yang sakit, lanjut dia, akan sebaliknya menjadi beban bagi negara dan membuat ekonomi jadi sulit karena masyarakat menjadi tidak produktif akibat sakit.

“Karena itulah pentingnya masyarakat terus disadarkan untuk hidup dengan pola sehat,” imbuhnya.

Zainuddin memberikan ilustrasi, kemajuan negara-negara maju di dunia senantiasa linear dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga negaranya yang tinggi. Sementara pada negara terbelakang dan berkembang, IPM warga negaranya masih rendah. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa kesehatan masyarakat memiliki korelasi dengan pembangunan ekonomi nasional.

“Sehingga program Germas harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Apalagi lingkungan dunia saat ini juga berubah dengan cepat karena pembangunan. Ada perubahan iklim dan pemanasan global. Pola hidup sehat masyarakatpun ikut terdampak,” pungkasnya.

Germas sendiri merupakan gerakan nasional yang diprakarsai Presiden Joko Widodo yang mengedepankan upaya promotif dan preventif. Termasuk melibatkan seluruh komponen bangsa dalam membumikan paradigma sehat.

repost : www.islampos.com

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami