Keutamaan Melaksanakan Sunnah Jumat

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Sahabat, tentu kita mengetahui bahwa hari Jumat adalah hari yang lebih utama dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Ada banyak keutamaan umum di hari Jumat misalnya, terdapat waktu doa yang mustajab, salat shubuh di hari Jumat lebih afdhal, ibadah di hari Jumat dapat menghapus dosa dalam sepekan, sedekah di hari Jumat dilipatgandakan pahalanya, serta jika kita diwafatkan pada hari Jumat kita akan dijauhkan dari fitnah kubur.

Pada hari Jumat pula kita disunnahkan untuk melaksanakan amalan-amalan khusus, salah satunya yaitu membaca Surat Al-Kahfi.

Amalan-amalan yang dilaksanakan di hari Jumat memiliki keutamaan khusus, yaitu diantaranya :

1. Membaca Al-Kahfi
Ada banyak keutamaan membaca Al-Kahfi di hari Jumat, seperti menjaga kita agar terpelihara dari fitnah dajjal, menjadi cahaya di hari kiamat nanti, serta dihapuskannya dosa-dosa kita.

2. Memperbanyak Shalawat
Ada beberapa keutamaan bershalawat di hari Jumat seperti dihapuskannya dosa dan dikabulkannya hajat oleh Allah serta akan mendapat syafaat di hari Kiamat karena shalawatnya.

3. Memperbanyak Sedekah
Sedekah di hari Jumat juga tentu memiliki keutamaan-keutamaan, seperti dilipatgandakannya pahala serta diberikan karunia yang melimpah oleh Allah.

4. Berdoa di Waktu Mustajab
Waktu berdoa yang paling mustajab di hari Jumat ialah setelah waktu ashar hingga terbenamnya matahari, saat shalat jumat hingga selesai, dan sejak matahari terbit. Berdoa di waktu mustajab tersebut tentu memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah.

5. Perbanyak Berdoa
Karena hari Jumat itu sendiri adalah hari istimewa, tentu amalan-amalan yang dilakukan juga memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah amalan memperbanyak doa di hari Jumat juga lebih utama dan istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Sahabat, yuk terus amalkan sunnah-sunnah di hari Jumat, karena banyaknya keutamaan yang akan kita dapatkan!

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
Wa Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami