fbpx

Kita Adalah Siapa Teman Dekat Kita

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Sahabat, mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui hadist ini bahwa seorang teman memiliki pengaruh yang besar untuk diri kita.

Seorang teman dapat mempengaruhi perkembangan diri kita, bagaimana kita memiliki pandangan terhadap lingkungan sekitar dan luar, bagaimana kita menyikapi masa depan kita, serta bagaimana karakter dan minat yang kita miliki.

Baik buruknya seorang teman tetap akan berpengaruh akan nilai diri kita.

Namun, teman yang baik adalah teman yang mampu menjaga hubungan bukan hanya di dunia saja melainkan hingga di akhirat kelak.

“Teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Ya, banyak teman karib yang pada akhirnya akan bermusuhan, namun teman baik yang sebenarnya adalah teman yang senantiasa mengingatkan akan kebaikan hingga akhirnya dipersatukan kembali ketika hari Kiamat tiba.

Semoga kita selalu dipersatukan dengan teman-teman yang senantiasa mengingatkan kita untuk menjadi orang yang bertakwa. Aamiin

AMAL MADANI INDONESIA

Lembaga Amil Zakat Berizin SK Kementrian Agama RI No. 599 Prov. Jawa Barat.

Komp. Padasuka Indah B11. Cimahi Tengah – Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat.

Telp. 022 – 20665182
Wa Centre. +62 813-1046-0480
Website. www.amalmadani.com

admin

Lembaga Filantropi yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan. Lembaga Amil Zakat SK Kementrian Agama RI No.599 Provinsi Jawa Barat.

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

WhatsApp Kami